Wednesday, February 14, 2018

Ketika Kita Difitnah , Apa yang harus Kita Lakukan?

Ketika Kita Difitnah , Apa yang harus Kita Lakukan?


Di dalam kehidupan ini, kadang-kadang kita dihadapkan oleh masalah yang sangat tidak mengenakan hati.
Di fitnah misalnya.Pernakah anda mengalami hal ini? 
suatu kutipan populer  mengatakan “Fitnah lebih kejam dari pembunuhan”. 
yang artinya adalah menuduh tanpa bukti adalah perbuatan yang lebih kejam dari melakukan pembunuhan. 
Fitnah adalah hal keji tidak manusiawi, dan tak bermoral.
sebagai manusia kita hendaknya menghindari fitnah ,
apa sih fitnah itu ?
menurut KBBI 
fitnah/fit·nah/ n perkataan bohong atau tanpa berdasarkan kebenaran yang disebarkan dengan maksud menjelekkan orang (seperti menodai nama baik, merugikan kehormatan orang): -- adalah perbuatan yang tidak terpuji;
fitnah secara sederhana adalah tuduhan tanpa bukti.
sedangkan orang yang memfitnah adalah orang yang menuduh.
dalam kamus KBBI tuduhan berasal dari kata tuduh yang artinya adalah Sbb, 

tuduh/tu·duh/ v, menuduh/me·nu·duh/ v 1 menunjuk dan mengatakan bahwa seseorang berbuat kurang baik: ia ~ saya bersekongkol dengan penjahat; 2 menunjuk dan mengatakan bahwa seseorang melakukan perbuatan yang melanggar hukum; mendakwa: mereka ~ kedua pedagang itu menerima barang selundupan;



Macam-macam fitnah

Fitnah itu banyak jenisnya, tergantung dari kemauan pelaku pemfitnah untuk menemui anda. Berikut beberapa jenis fitnah yang sering anda alami :

Fitnah langsung. Seorang gentleman yang menyatakan keburukan tepat dihadapan anda. Orang seperti ini tidak mungkin seberani itu jika tidak memiliki bukti yang kuat.
Fitnah tidak langsung (oleh orang ketiga). Yang menyatakan kesalahan anda akan tetapi ia tidak menyaksikannya secara langsung keburukan itu melainkan hanya mendengarnya dari orang lain. Akurasi dari fitnah jenis ini sangat diragukan karena penyampaian dari mulut ke mulut cenderung berubah-ubah dari orang yang satu ke orang yang lain.
Fitnah tidak jelas/ samar-samar. Dilakukan oleh anonim (orang yang tidak dikenal) memfitnah anda dimana hal tersebut disampaikan dengan sumber yang  tidak jelas dan terkesan disamarkan. Fitnah jenis inipun tidak jelas pangkal ujungnya dimana. Hal ini sering di dunia maya (sosial media).


Saya Pribadi pernah mengalami hal serupa. Kita difitnah macam-macam padahal fitnah itu tidaklah sesuai dengan kenyataan. Tapi orang penyebar fitnah itu menyebar fitnah dengan sangat lihai, sehingga nama kita jadi jelek dimata orang lain.
disisi kita jelas sangat dirugikan karena kita tidak bersalah dituduh macam-macam. 

Lalu hal apa saja yang harus kita lakukan saat difitnah? berikut solusinya
  1. Sikapi dengan sabar, tahan emosi kita, karena suatu saat kebenaran akan terungkap. Jika kita difitnah dan dijahati. Maka sebenarnya itu bonus untuk kita. Karena Allah sayang terhadap kita. Pada hakikatnya kalau kita difitnah dan dijahati, maka keburukan kita akan diberikan kepada yang menuduh dan menjahati kita. Sebaliknya kebaikan orang yang menuduh akan diberikan kepada kita. Jika kita tahu akan hal ini. Hati kita akan tenang. Ternyata orang yang memfitnah dan menjahati itu adalah orang-orang yang merugi dan menghancurkan diri mereka sendiri.
  2. Yakin Allah yang akan membalas Allah Maha Melihat dan Maha Mendengar. Tidak ada satu atom pun yang lepas dari pantauannya. Tidak ada satu kejahatanpun yang tidak akan dibalas. Jika kita difitnah oleh orang lain dan dijahati lahir dan batin. Pasrahkan kepada Allah. Jangan kotori hati dan jiwa kita untuk balas dendam. Ikhlaskan semuanya kepada Allah . Allah yang akan membalasnya dengan siksa yang pedih. Alam semesta juga akan membalas kejahatan orang tersebut. Karena alam semesta adalah tentara Allah yang sangat setia kepada perintah-Nya. Maka Bersabarlah dan pasrahkan kepada Allah SWT. 
  3. Intropeksi diri , Jika kita difitnah dan dijahatii. Maka yang harus kita lakukan adalah mengintropeksi diri kita. Apakah kita melakukan kesalahan seperti yang dituduhkan tersebut. Jika jawabannya ’ya’. Maka kita harus cepat-cepat bertaubat dan memperbaiki diri kita. Jika jawabannya ’tidak’. Bersabarlah, semua kejadian pasti ada hikmahnya. Kita tidak tahu ada skenario apa dibalik fitnah tersebut. Yang jelas semua kejadian itu ada hikmah dan pelajaran yang terbaik buat kita. Kita harus lebih mendekatkan diri kita kepada Allah SWT Memohon perlindungan kepada-Nya.


Seperti kata pepatah classic : “Diam Itu Emas”. Namanya saja tuduhan,  itu adalah “Image buruk yang ditempelkan orang lain dibelakang punggung anda”.  Sikap orang disekitar anda berubah,  berhentilah berspekulasi,  bertanya-tanya  dan membela diri mati-matian. Cuap-cuap membela diri hanya membuat anda kehilangan konsentrasi lalu sakit kepala akhirnya hal yang lebih penting lainnya terabaikan, ujung-ujungnya harga diripun terjun bebas dimata banyak orang.  Senyumin Aja😊 dan Tetap “positive thinking“. Lakukan rutinitas anda sesuai dengan prosedur dan aturan yang telah ditetapkan. Hiraukan dan Tunjukan serta buktikan pada mereka bahwa kita tidak seperti yang mereka tuduhkan kepada kita.


Kebenaran akan menemui waktu yang tepat, pada akhirnya mereka semua akan sadar dan tahu sendiri siapa yang benar-benar jujur dan yang tidak.. percayalah karena ini sudah hukum alam nya . 

“Barang siapa yang bersungguh-sungguh mendekati Allah , niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar bagi setiap urusannya, dan akan diberi rezeki dari tempat yang tidak disangka-sangka. Dan barang siapa yang berserah diri hanya kepada Allah, niscaya akan dicukupi segala kebutuhannya.”  

Aamiin. 

Semoga Bermanfaat 😊 






LATEST POSTS