Wednesday, November 4, 2015

Mengenali Karakter Introvert lebih Dalam

Introvert apa itu ?

"introvert adalah kelompok MINORITAS dalam masyarakat, mereka membentuk sebuah mayoritas bagi orang-orang yang berbakat.”

Pendiam bukan berarti Pemalu. Penyendiri bukan berarti tidak mengerti akan kehidupan sosial. Tidak bicara bukan berarti bisu. Melamun bukan berarti kalah pada keaadaan.Itulah Introvert . 

Introvert adalah sebuah sifat dan karakter yang cenderung menyendiri.Mereka adalah pribadi yang lebih menyukai ketenangan daripada khalayak ramai. Jumlah orang Introvert hanya sekitar 25% dari total manusia yang ada di planet bumi ini. Hal ini menyebabkan banyak kesalahpahaman.karena memang kami adalah kaum Minoritas.Dan karena masyarakat tidak memiliki pengalaman yang cukup dengan orang2 introvert, termasuk dari kalangan ekstrovert sendiri karena mereka memang merajai populasi global di dunia ini. Masyarakat pun jarang dilatih untuk berhadapan dengan orang seperti kami sehingga kesalahpahaman itu kian merajalela dan menyebabkan kami menjadi makin tersudut.
Saya termasuk Introvert dan hal yang paling menyebalkan adalah banyak orang yang tidak mengerti kami Introvert kami kaum Minoritas.Saya sering mendapat julukan cewek Cuek,Dingin, dan Sombong..tapi ya mau bagaimana lagi. Inilah saya. Saya tidak mau menjadi oranglain untuk menarik simpati mereka. Bukannya saya Sombong,Tidak mau bergaul atau Tidak suka Manusia (Memangnya saya Kanibal apa suka Manusia? :P) tapi saya lebih suka menghindari konflik serta perkataan yang kurang bermanfaat yang membuang2 waktu saya, saya lebih suka diam mendengarkan orang berbicara daripada saya yang berbicara, terkadang orang2 mengatakan jika saya pendiam. Tapi sebenarnya bukan.Saya hanya suka berbicara dan Berdiskusi tentang sesuatu yang mengandung Informasi/Pengetahuan dan berkata seperlunya saja. Agar tidak menjurus ke perbincangan yang tidak bermafaat dan tidak baik. Saya sering menjaga ucapan saya karena agar tidak ada hati yang tersakiti karena ucapan saya. Dan agar terhindar dari dosa juga. :D

Introvert lawan kata dari Ekstrovert


  • Introvert bersifat: Energized by the inner world, inward, quiet, thinks and may act, values depth of experience. Sedangkan
  •  Ekstrovert: Energozed by the outer world, outgoing, talkative, acts first think later, values breadth of experience. 
Sederhananya introvert adalah orang yg berorientasi ke’dalam’ diri sendiri. Mereka tertarik pada dunia ide, pemikiran, konsep.

Orang introvert itu emang biasanya pendiam,karena dominasi kerja sistem syaraf mereka memang bukan dalam bentuk ucapan ataupun gerakan, tetapi di pikiran.
Tipe introvert itu termasuk orang yang 'mahal bicaranya'. 
 Jadi kalau ada orang yang diajak bicara sama tipe tersebut berarti dia beruntung.
 Jangan tanyai orang introvert untuk berbicara tanpa tujuan(basa-basi), tapi ketika mereka diminta membicarakan topik yang mereka senangi,atau bertemu dengan orang yang memiliki minat yang sama seperti mereka, maka mereka akan melakukannya dengan penuh semangat membara,sangat antusias dan berbicara terus tanpa henti !

Introvert juga kadang menghindari kerumitan ‘sosial activities’. Mereka lebih suka menghabiskan waktu di luar berbaur dengan alam.
  Mereka menyerap data dan pengalaman dengan cepat. Jika dirasa cukup, maka introvert ‘siap’ pulang, recharge dan memproses semua.

Orang Introvert sering dianggap sombong karena mereka tidak banyak bicara dan lebih senang menyendiri.Jadi orang lain menganggap mereka adalah orang yang tidak mau berteman.
Introvert bukan berarti selalu mengurung dan berdiam diri di kamarnya seharian. Mereka
juga suka pergi ke tempat ramai,seperti di Toko buku atau di Taman hanya saja tidak betah berlama2 dan hanya bertahan sebentar di tempat ramai tersebut.

 Menurut Satria Gumilang "Introvert memang pendiam namun memiliki sosok yang luar biasa di dalam tubuhnya."

 Biasanya para introvert hanya berbicara seperlunya, kalau memang ada informasi yang ingin dia sampaikan.  dan mereka hanya berbicara mengenai apa yang memang ingin mereka bicarakan. Pada kadar yang tinggi orang introvert jika ditanya akan diam terlebih dahulu memikirkan apa yang akan mereka ucapkan, setelah itu baru mereka berbicara.
 Orang introvert itu biasanya banyak mikir dan memiliki pemikiran yang jauh, maka itu orang introvert lebih sedikit berbicara, karena dia selalu memikirkan apa yang akan dia katakan, misalnya apa itu pantas dibicarakan, apa perlu untuk dibicarakan, apa kira-kira jawaban yang akan diberikan orang lain, dsb. 

Para introvert akan berpikir lebih dahulu sebelum bicara. Mereka bahkan memikirkan apa yang akan dijawab atau direspon oleh lawan bicaranya jika ia berbicara seperti ini, atau seperti itu. Orang introvert tidak menyukai obrolan ringan, oleh sebab itu mereka senang dengan perbincangan yang padat dan bersifat informatif.Selain itu, orang introvert juga termasuk oang-orang yang tekun. Mereka akan bekerja keras, sampai mereka benar-benar ’merasa’ bahwa mereka sudah bekerja, sehingga tidaklah mengherankan jika penelitian membuktikan bahwa mayoritas orang-orang yang cerdas dan kreatif berasal dari kaum introvert.Mereka lebih banyak menggunakan waktu mereka untuk berpikir daripada membicarakan hal-hal yang kurang  penting. Dari situ keliatan juga orang Introvert cenderung PERFEKSIONIS


 Introvert bukanlah anti-sosial. Penelitian terakhir menunjukkan bahwa introvert adalah org yg memberikan pengaruh besar. Mereka (introvert) mempunyai kemampuan mengambil keputusan, Biasanya temannya sedikit tapi kalau dia sudah menerima orang itu sebagai temannya, biasanya persahabatan itu akan berlangsung seumur hidup, karena itu orang introvert cenderung setia.memelihara hubungan awet (karena pilih-pilih teman), memancarkan rasa tenang ke sekitar.



 Orang yang naturally introvert : sumber semangatnya / energinya berasal dari dalam diri sendiri dan pandai memotivasi dirinya sendiri. Orang introvert, tidak selalu orang yang pasif, pemurung, atau tidak bisa bergaul. Orang yang introvert bisa saja orang yang aktif, periang dan suka bersosialisasi, namun biasanya setelah sekian waktu bersosialisasi, orang introvert perlu privacy, butuh ketenangan, Bagi seorang Introvert keramaian membuat tenaga mereka cepat terkuras. Oleh karena itu biasanya mereka hanya sekali-kali berinteraksi, kemudian diam. 
Bagi introvert suasana sepi adalah suasana yang nyaman. 

Dan pada dasarnya, orang introvert ialah makhluk-makhluk kreatif. Mereka seringkali menghabiskan waktu sendirian dan melakukan introspeksi.Di saat penuh keheningan inilah, banyak inspirasi akan ide-ide hebat berdatangan memenuhi seisi kepala mereka. Jadi, jangan salah sangka dengan orang introvert ketika mereka sedang menyendiri, ya. Bisa jadi saat itu, mereka sedang asyik mengeksplorasi kreativitas dan merealisasikan imajinasi-imajinasi mereka ke dalam bentuk nyata.

Secara alamiah, para orang introvert merupakan orang yang selalu berhati-hati. Dalam mengerjakan setiap tugas, mereka akan selalu mencurahkan segenap pemikiran dan perhatian untuk menyelesaikan tugas tersebut. Kualitas ini juga memungkinkan mereka menjadi selektif dalam bekerja.Orang introvert tidak akan serta-merta menerima semua proyek yang ditawarkan. Mereka cenderung akan memperhitungkannya dari segala sisi dan mengalokasikan seluruh tenaga mereka, berfokus hanya pada proyek yang telah mereka terima dengan penuh pertimbangan.

Orang introvert biasanya sangat peduli dengan gambaran diri mereka di hadapan orang lain. Hal ini menyebabkan mereka akan menempatkan banyak waktu untuk persiapan, guna memastikan public communication mereka dapat berjalan baik dan lancar.

 Detail-oriented. Mereka adalah orang-orang yang sangat jeli dan terperinci. Kemampuan mereka untuk tidak mengabaikan detail apapun memainkan peranan yang sangat penting dalam produktivitas. Para introvert tidak perlu membuang waktu untuk meninjau ulang suatu hal penting yang terlewatkan sebelumnya.

Mereka merupakan kaum yang independen.Para introvert ialah orang-orang mandiri yang lebih mengandalkan kekuatan sendiri. Mereka bukanlah tipikal orang yang suka bergantung pada orang lain. Cobalah perhatikan, orang introvert biasanya cenderung memilih pekerjaan yang tidak terlalu banyak melibatkan orang lain.

Mereka memilih kata secara tepat. Komunikasi merupakan aspek yang penting dalam produktivitas karena tidak semua pekerjaan dapat dilakukan hanya oleh satu orang. Para introvert seringkali memainkan peranan yang berharga dalam sebuah tim karena kemampuan mereka dalam memilih kata secara tepat untuk mengkomunikasikan informasi.

Kemampuan fokus yang tinggi merupakan kekuatan bagi orang introvert.Sementara banyak orang yang dapat dengan mudah terdistraksi, para introvert cenderung mampu mempertahankan fokusnya dalam bekerja. Mereka mampu mencurahkan seluruh perhatian mereka hingga pekerjaan selesai.

Kaum introvert merupakan pendengar yang baik. Mereka mampu menerima informasi dengan pemahaman yang baik, serta mengajukan pertanyaan klarifikasi apabila mereka kurang memahami sesuatu. Hal inilah yang dapat meminimalisir kemungkinan terjadinya salah paham dalam pengkomunikasian informasi.

Orang introvert cenderung mencoba untuk meramalkan setiap hal yang mungkin akan terjadi. Mereka merupakan orang yang penuh dengan rencana. Setiap langkah akan mereka perhitungkan dan mereka rancang sebaik mungkin.




Orang intovert juga suka memendam masalahnya sendiri, dia jarang berbagi masalahnya atau menceritakan kehidupannya ke orang lain,  Tipe ini cuma mau terbuka dengan orang yang sudah bener-bener dia percaya. Introvert hanya tidak bisa ‘terbuka’ kepada setiap orang. Jika anda dianggap ‘teman’ oleh introvert, Anda beruntung.
 Orang introvert itu biasanya mau berteman dengan orang yang budi bahasanya halus. Mereka akan langsung tidak suka sama orang yang berkata kasar walaupun kata-kata itu bukan ditujukan untuk dirinya.


Di bawah ini beberapa tipe introvert:

1. Dalam Keseharian
Serius, tenang, kekuatannya pada konsentrasi dan ketelitian. Praktis, rapi, tidak berbelit-belit, logis realistic dan dapat dipercayai, terorganisir dengan baik. Tampil dengan muka pendiam dan tampak penuh pemikiran,Bertanggung jawab mewujudkan idenya sendiri dalam menyelesaikan sesuatu tugas dan melakukan terus menerus daripada melakukan protes atau gangguan,Bekerja dengan baik sendirian.
2. Pengamat yang Bagus
Penonton yang tenang, pendiam, mengamati dan menganalisa kehidupan dengan keingintahuannya yang objektif dan lontaran humor yang orisinil yang sering tidak disukai orang lain. Biasanya tertarik dalam memahami sebab-akibat, bagaimana dan mengapa hal-hal mekanis bekerja dan dalam mengorganisir fakta-fakta dengan menggunakan prinsip-prinsip logika. Unggul dalam mendekati inti dari sebuah masalah praktis dan menemukan solusi.
3. Kepribadian
Tenang, bersahabat,tulus,setia,Mawas diri,Suka membaca buku,menonton tayangan yang dapat mengasah otak, karena mereka haus dengan segala hal yang berbau informasi. Suka menyendiri, bertanggungjawab dan berhati-hati. Setia menjalankan kewajibannya. Mampu menciptakan kestabilan pada tiap proyek atau kelompok. Teliti sungguh-sungguh, akurat. Minat mereka biasanya bukan pada hal teknis. Dapat bersabar pada hal detil. Loyal, cerdik, memperhatikan perasaan orang lain, perhatian,pendengar yang baik,sensitif dan sangat peka,Intuisi yang tinggi,cenderung merencanakan lebih dahulu – melihat dahulu – sebelum melangkah,berpikiran jauh ke depan,mempunyai nilai standar etika yang tinggi ,Cenderung lebih suka “memasuki” dunia imaginer, bisa merenung yang kreatif.  Lemah lembut tindak dan sikapnya, serta punya pandangan idealis. Perfeksionis,Haus akan pengetahuan, memiliki Rasa ingin tau yang sangat tinggi .
4. Perasaan
Pemalu, ramah, kalem, Perasaan halus dan cenderung untuk tidak melahirkan emosi secara menyolok, biasanya melahirkan ekspresinya dengan cara-cara yang halus yang jarang ditemukan pada individu-individu lain.sensitive, baik, rendah hati terhadap kemampuannya. Menghindari pertentangan, tidak memaksakan pendapatnya atau nilai-nilainya pada orang lain. Santai dalam menyelesaikan tugas karena mereka menikmati hal-hal yang dikerjakannya dan tidak ingin merusaknya dengan tergesa-gesaaan atau pemerasan energi yang tidak sepantasnya.Sensitif terhadap kritik, pengalaman-pengalaman pribadi bersifat mengendap dalam kenangan yang kuat, apalagi hal-hal yang bersifat pujian atau celaan tentang dirinya.



Dari pernyataan di atas kita dapat mengambil kesimpulan kecil, bahwa Introvert adalah pribadi yang “dalam”. Istilah Introvert ini dipopulerkan oleh seorang tokoh Ilmu Psikologi yang bernama Carl Jung. Ia mengelompokan Introvert sebagai kaum minoritas. Walau kaum minor tetapi peranan mereka dalam kehidupan sosial sangat menonjol. Mungkin karena gestur dan sikap mereka yang sangat kontras berbeda dengan kelompok dominan yaitu Ekstrovert.

Orang Introvert mereka memiliki kekuatan konsentrasi yang baik, mereka cepat menangkap dan berintelegensi tinggi. Introvert adalah pemikir yang dalam. Mereka mampu melihat suatu hal dari segi manapun, berbeda dengan seorang Ekstrovert yang cenderung berpikir secara momentum saja. Selain itu mereka pandai dalam memilah sesuatu, baik itu hal kecil maupun besar, hal yang berguna maupun tidak. 

 Orang introvert terbiasa berpikir untuk diri sendiri sehingga mereka juga terbiasa melakukan sesuatu dengan caranya sendiri. Itulah mengapa jika kalian menyuruh orang introvert melakukan sesuatu hal yang tidak biasa ia lakukan namun biasa kalian lakukan, hasilnya akan berbeda dan terkadang menimbulkan keheranan atau kelucuan tersendiri.

Orang Introvert tidak ikut-ikutan orang lain.Introvert lebih memilih pemikiran,nilai-nilai dan jalan hidup mereka sendiri.Mereka tidak memilih keputusan berdasarkan apa yang populer atau lagi nge-trend.Dengan kata lain seorang introvert itu ANTI MAINSTREAM.

Kenyamanan seorang introvert adalah ketika mereka berada di rumah atau di alam bebas. Mereka tidak suka dengan hal-hal yang dapat meningkatkan hormon adrenalin. Jika di sekeliling mereka ada terlalu banyak percakapan atau suara, mereka lebih memilih untuk menyingkir dan seperti biasa, menganalisis keadaan.

 Seorang introvert terlalu dalam untuk memposisikan perasaannya, karena mereka lebih banyak berpikir dan memendam perasaan daripada mengungkapkan apa yang dirasakannya itu. Itulah yang membuat mereka mudah jatuh cinta dan sulit melupakannya. Dan jika sakit hati pun, orang introvert akan lebih dalam sakit hatinya. Namun mereka adalah orang-orang yang pandai menutupi perasaan-perasaan yang mengganggu kehidupannya. 

 Bagi seorang introvert, apa untungnya basa-basi kalau memang tidak ada yang ingin disampaikan? Sehingga kalau memang tidak ada informasi, maka diam pun tidak apa-apa. Di sinilah kekuatan introvert itu. Karena mereka jarang berbicara, jadi sekalinya mereka berkata-kata maka orang-orang akan diam mendengarkan dengan baik dan mengangguk-angguk.

Orang introvert biasanya juga jarang memulai untuk menyapa orang lain. Hal ini pula yang akhirnya menambah pemikiran negatif bahwa orang introvert itu sombong, tidak sopan, dan lain sebagainya. Mereka tidak menegur Anda bukan karena mereka menganggap Anda tidak penting atau bagaimana. Hanya saja itu sudah menjadi bagian dari psikologi mereka. Mereka tidak suka omong-omong kecil dan biasanya mereka hanya akan memulai menyapa pada orang yang dekat atau sudah benar-benar mereka kenal.

            Kembali ke poin di atas, orang introvert memang tidak suka berbasa-basi, termasuk untuk mengucapkan selamat, seperti selamat pagi, selamat jalan, selamat tinggal, ataupun selamat ulang tahun. Kami pun hanya memberikan sapaan seperlunya kepada teman tatkala berpapasan. Namun karena jumlah ekstrovert lebih banyak, masyarakat menjadi cenderung memberikan tekanan dan akhirnya anggapan demikian yang terjadi.
Maka dari itu, jangan heran jika ada orang yang tidak mau memulai menyapa kalian karena bisa jadi dia adalah seorang introvert yang beranggapan bahwa hal itu tidak perlu atau bahkan melelahkan. Jadi jika kalian mampu, mulailah untuk menyapa dan yakinlah bahwa mereka pasti akan merespon minimal dengan senyuman
Dan meskipun terkadang orang introvert pernah tidak menjawab atau tidak memberikan respon saat kalian tanya, akan tetapi pesan saya, jangan ragu untuk berbicara dengan seorang introvert karena mereka biasanya sama sekali tidak ambil pusing dengan gaya dan  pembawaan kalian, mau itu sopan ataupun tidak, mau itu terlihat rapi atau berantakan, dan lain sebagainya. Dan yang perlu diperhatikan pula adalah walaupun pribadi introvert tak suka berbasa-basi, namun bukan berarti mereka tidak bisa menyelipkan unsur humor dalam pembicaraan mereka. Justru mereka biasanya memiliki humor yang unik dan berbeda dengan orang-orang ekstrovert.

Orang introvert memang terkesan cuek dan dingin bukan berarti tidak memperhatikan kejadian-kejadian yang ada di sekeliling mereka, namun mereka hanya merasa dunia batin mereka lebih menyenangkan untuk ditelusuri.
Mungkin kalian pernah berpikir bagaimana cara orang-orang introvert menemukan kenyamanan hidup tanpa interaksi. Dalam kehidupan seorang introvert, dia menemukan dunia virtualnya dalam pikiran mereka. Pikiran mereka benar-benar kuat karena sering dilatih untuk menganalisa sesuatu. Maka tak aneh jika mereka cerdas dalam mengungkapkan ide-ide baru yang cemerlang.
Mereka tahu apa yang mereka mau, namun sulit untuk mengkomunikasikannya kepada orang lain. Hal ini membuat orang introvert seringkali dicap sebagai orang aneh.

Introvert biasanya memang merasa lebih nyaman melakukan relaksasi di tempat yang tenang dibandingkan di tempat ramai. Maka dari itu, jangan heran jika sulit sekali untuk mengajak orang introvert ke pesta atau acara-acara lainnya yang mengandung keramaian. Karena pada dasarnya mereka memang sama sekali tidak tertarik dan jika datang pun mereka tak tahu apa yang harus mereka perbuat di sana.Bagi orang introvert, kesendirian itu sama seperti menyegarkan pikiran dan mengumpulkan informasi yang didapat setelah sebelumnya melakukan sosialisasi.

 Introvert lebih suka mengamati dan menganalisis keadaan.  Mereka juga cenderung lebih suka pembicaraan yang serius dan mendalam dibanding pembicaraan yang melebar. Coba saja kalian ajak seorang introvert mengobrol hal yang dia sukai. Carilah topik yang memang sudah tak bisa dipisahkan dan melekat kuat pada orang introvert itu. Bukan tidak mungkin, ia yang tadinya hanya berdiam diri bisa mengoceh panjang lebar dan tak berhenti-berhenti bicaranya.

Dalam urusan performa, seorang introvert biasanya tampil dengan muka pendiam dan penuh pemikiran, serta mata yang terlihat seperti memperhatikan sesuatu dengan dalam. Sebisa mungkin ia akan mencoba menjadi pribadi yang bersikap tenang dan stay cool meskipun di dalam pikirannya bergejolak memikirkan berbagai hal. Ia juga sedikit berbicara, namun kata-kata yang keluar selalu bijak dan penuh makna.


Menurut Carl Gustav Jung, orang-orang introvert adalah mereka yang terampil dalam melakukan perjalanan ke “dunia dalam”, yaitu diri mereka sendiri. Mereka selalu mencoba memahami diri mereka sendiri dengan melakukan banyak perenungan dan berkontemplasi. Pada akhirnya, mereka menjadi orang yang memahami dirinya(mawas diri), berpendirian keras, tidak mudah terpengaruh oleh orang lain, dan mengetahui apa yang menjadi tujuan dalam hidupnya.

 Di dunia seni, Introvert adalah penguasa. Ahli psikologi sekelas Mihaly Csikszentmihalyi dan Gregory Feist mengatakan bahwa, orang-orang Introvert adalah orang dengan kreatifitas berkelas nomor satu. Faktor ini terjadi karena mereka dapat menyelam penuh ke dalam pemikiran,mimpi, dan imajinasinya. Membaur bersama intuisi dan ketenangan yang bersinergi dengan sunyi. 
 Itulah syaratnya agar dapat menciptakan sebuah Adikarya.Biasanya seorang Introvert gemar menulis. Karena dalam menulis mereka dapat lebih terbuka dalam mempresentasikan pikiran ataupun membagikan pengalamannya kepada orang lain.

 Ada sebuah fakta menarik dalam sebuah artikel di psychologytoday.com, yang menuliskan bahwa, orang yang Ekstrovert lebih mencari kebahagiaan dan kehidupan yang positif. Tetapi, bukan berarti Introvert mempunyai sifat yang berkebalikan, 

seorang Introvert tidak pernah mengategorikan dirinya sebagai sesuatu yang positif ataupun negatif, ia lebih cenderung menuju netral dalam kehidupannya. Seimbang, seperti Yin dan Yang.
 Mereka sosok yang bersahaja. Sebagai contoh, , Mahatma Gandhi (politikus dan tokoh spiritual asal India) , dia adalah Introvert, Ghandi bersikeras memperjuangkan perdamaian demi  kebersamaan. Ia menetralkan semua bentuk perbedaan.
 Selain Mahatma Ghandi, ada pula tokoh dunia yang lainnya, yaitu 
Albert Einstein(Ilmuwan), Bill Gates(pendiri Microsoft), Michael Jordan(Pemain Basket Kelas Dunia), Julia Roberts (actress) , Nicole Kidman(film producer,actress), dan J.K Rowling(penulis Harry Potter),Abraham Lincoln(presiden US ke16),Sir Isaac Newton (fisikawan, filsuf alam, ilmuwan), Charles Darwin (ilmuwan dan penemu teori evolusi), Mark Zuckerberg (pendiri dan pemilik situs Facebook), Warren Buffet (investor, CEO dan pengusaha AS), Eleanor Roosevelt (mantan ibu negara AS), John Lilly (CEO Mozila), Larry Page (salah satu pendiri Google), Steve Wozniak (pendiri Apple Computer bersama Steve Jobs),Barrack Obama(President AS).

Mereka mampu membuktikan bahwa, dunia pun membutuhkan mereka. Jika kau senang dengan kartun dan tokoh pahlawan contohnya seperti Spiderman,Batman,Iron Man,Superman,dsb, maka hampir dari semua pahlawan itu bersifat Introvert. Saat tak dibutuhkan mereka menjadi orang biasa, namun saat keadaan genting mereka berubah menjadi sosok yang luar biasa.

 Baru-baru ini, beberapa ilmuwan menemukan bahwa ada hubungan antara introversi dan area otak kamu yang disebut amigdala , dan mereka mengemukakan bahwa semakin kamu lebih peduli dengan dirimu sendiri, dan melakukan semua kegiatan dengan perfect untuk dirimu sendiri, semakin besar kemungkinan bahwa kamu akan berperilaku dengan cara introvert.


 Orang-orang yang introvert bukan berart tidak suka ditemani, lho. Bagi si Introvert, interaksi sosial adalah hal yang 'mahal' dan mereka hanya mau membaginya dengan orang dan situasi yang dianggapnya berguna.Kami (Introvert)tidak ingin melakukan hal yang tidak perlu, karena motto kami adalah Konservasi Energi.

Seorang introvert biasanya lebih banyak berperilaku secara non verbal daripada berkomunikasi verbal. Sebenarnya ini di luar hobi yang saya miliki, namun biasanya seorang Introvert memang lebih suka dan merasa lebih leluasa mencurahkan isi hatinya lewat tulisan. Maka jangan heran jika di dunia ini ada orang yang lebih suka sms daripada telepon. Jangan kaget pula kalau kalian membaca hasil tulisan atau sms dari orang introvert, kalian akan menemukan bahwa sepertinya orang itu sangat lancar berbicara dan luas sekali pikirannya .Padahal yang selama ini kalian ketahui, dia sama sekali tidak memperlihatkan hal tersebut saat berkomunikasi secara langsung pada kalian.

 Meskipun demikian, orang introvert dapat terbuka dan lepas begitu menemukan seseorang yang cocok dengan dirinya. Orang yang cocok bagi seorang introvert adalah orang yang dapat memahami dirinya dengan baik. Namun tidak mudah bagi seorang introvert untuk menemukan orang yang cocok itu dan mereka juga membutuhkan waktu yang lebih lama untuk beradaptasi karena memang sudah menjadi ciri khas orang introvert bahwa mereka tidak cepat untuk menyesuaikan diri dengan keadaan baru. Dan dalam berteman, orang introvert akan sangat menghargai teman-teman yang mereka miliki. Mereka sangat berpegang teguh pada loyalitas walaupun jumlah teman mereka biasanya hanya bisa dihitung dengan jari, atau lebih spesifiknya lagi, dengan jari sebelah tangan. Maka dari itu, jika ada seorang introvert yang menganggap kamu adalah temannya, maka kamu beruntung karena kemungkinan besar kamu telah berhasil memiliki sahabat yang setia untuk seumur hidup

Dampak Positif Bertipe Introvert
1. Memiliki wawasan yang luas , apalagi bidang yang diminati .
2. Jarang terjatuh (dalam artian salah ambil keputusan) karena sifatnya yang sangat  hati-hati
3. Seorang Introvert dapat bersikap tenang menghadapi segala tekanan dan permasalahan
4. Ketika 2 orang yang bertipe introvert bertemu dan bersatu maka akan sulit untuk mengalahkan dan memisahkan mereka

Dampak Negatif Bertipe Introvert

  1. Dicap Sombong,Cuek,Dingin,Aneh,Freak,Geek,Antisosial,Tidak Suka manusia(emang saya ini kanibal apa ya? :D) ,Tidak suka bergaul sampai dicap sebagai manusia Primitif (padahal nggak banget loh)  -_-
  2. Selalu dipojokkan dan tersalahkan

Beberapa penyebab introvert ini ada banyak banget. Bawaan lahir, tekanan sosial, trauma. Banyak deh.
Contoh bawaan lahir itu ya, ada seorang anak yang dilahirkan dari keluarga yang walaupun sering ketemu, tapi jarang banget komunikasi. Komunikasi sebutuhnya. Nah, keluarga ini bisa membawa anaknya menjadi seorang introvert.
Contoh kasus diatas,  bisa dikategorikan seorang anak yang menjadi Introvert karena kebiasaan keluarganya. Keluarga sebagai faktor sosialisasi primer sangat membawa pengaruh besar bagi anggotanya.
Selain itu,  introvert juga bisa diakibatkan karena pemikiran anak tersebut yang gak sejalan sama sistem kerja dunia. Dia memiliki dunianya sendiri dan membuat dirinya malas berinteraksi dengan orang lain.

Allah Maha Adil dengan menciptakan kedua karakter itu sehingga dalam hidup bermasyarakat, manusia bisa saling mendukung dan melengkapi. Coba kita bayangkan jika seandainya semua orang di dunia ini adalah ekstrovert. Pasti akan terjadi perdebatan dan keributan di mana-mana karena tak ada yang mau mengalah dan sebisa mungkin terus berusaha mempertahankan pendapatnya. Dan bagaimana jika semua penduduk dunia adalah orang introvert? Bukan tidak mungkin dunia akan menjadi sepi karena semua penghuninya cenderung melakukan interaksi ke dalam diri mereka sendiri. Jadi intinya, introvert dan ekstrovet hanyalah suatu kepribadian yang timbul karena adanya ketidakseimbangan para manusia dalam menjalani pola kehidupan. Introvert itu bukanlah pilihan dan bukan pula gaya hidup, tetapi introvert itu adalah sebuah orientasi.

"Kebanyakan orang mengatakan bahwa kecerdasanlah yang melahirkan seorang ilmuwan besar. Mereka salah, karakterlah yang melahirkannya." -Albert Einstein
Ingin lebih dekat dengan mereka? Ini kuncinya:
  • Hargai ruang privasi mereka
  • Jangan mencecar dengan pertanyaan secara terus-menerus. Hal ini akan membuat mereka tak nyaman dan menarik diri.
  • Carilah waktu untuk mengenalnya secara pribadi, misalnya makan siang berdua.
  • Pertemanan secara personal lebih disukai oleh si Introvert daripada dalam satu geng dengan orang yang banyak
  • Hargailah pribadi mereka dan jangan ingin mengubah mereka menjadi sosok ekstrovert

LATEST POSTS